Menjadi PNS Bukan Tujuan Utama





Sebenarnya menjadi Pegawai Negari Sipil, pada saat ini merupakan hal yang paling di idamkan oleh hampir semua pekerja diseluruh Indonesia. Karena mindset tersebut dibentuk, dari kurang percaya diri & mental tempe dari Sumber Daya Manusia Indonesia dari dahulu hingga sekarang yang menyerah menghadapi keras hidup.

Dari tahun ke tahun dari masa ke masa, menjadi PNS adalah sebuah bentuk pencapaian tertinggi dalam kasta realitas masyarakat kita. Karena dengan menjadi PNS, kehidupan kita kelak dihari tua akan menjadi lebih ringan & tenang ? Karena sudah mendapatkan dana tunjangan hari tua atau yang lebih dikenal dengan dana pensiun yang sudah di tetapkan dalam UUD 1945.

Banyak cara & upaya yang ditempuh demi,mencapai sebuah identitas PNS yang hari tuanya di jamin Negara tapi belum tentu dijamin oleh Tuhan. Dari mulai Sarjana, Akademisi & Dokter seakan semua berlomba untuk menuju ke satu pusat saja yaitu menjadi PNS. Sebenarnya banyak hal atau pekerjaan yang bisa kita lakukan selain menjadi PNS, seperti :

1. Wirausaha atau Pengusaha guna membangun pereknomian Indonesia agar bisa lebih banyak berbicara diperekonomian dunia
2. Menjadi pegawai swasta diperusahaan bonavit seperti, Chevron, Exxon, Google, Yahoo & Shell karena dengan kalkulasi perhitungan salary hampir 20x lebih besar dari pada salary PNS Indonesia saat ini
3. Bahkan jika kita punya hati nurani, bekerja dengan sukarela dipedalaman Indonesia guna mencerdaskan anak bangsa memang secara materi tidak kaya tapi secara jiwa kita sangat kaya melebihi para PNS yang sudah seumur hidup mengabdi tapi tidak pernah menghasilkan manfaat untuk negara.

Secara kalkulasi, jika semua warga Indonesia ingin menjadi PNS lalu siapa yang akan menjadi pengusaha & karyawan swasta yang akan membayar pajak kepada negara untuk menggaji para PNS diseluruh Indonesia siapa lagi ?

Kesimpulan : Bangsa ini, tidak akan pernah maju, jika sebagian dari masyarakat, hanya beharap menjadi pns.





47 comments:

  1. Setuju banget dengan tulisan ini...dulu pas masih sekolah, liat tante yg pegawai negeri disalah satu instansi..kerjanya santai banget...dateng dah hampir makan siang...trus pulang kerja sebelum jam 4 sore...kadang mikir..kerja apaan yah pegawai negeri itu...(ini dulu yah)..Kalo aku sih gak kepengen banget jadi pegawai negeri..karena aku tau mobilitasku tuh tinggi...aku gak pengen waktu terbuang dengan percuma...hehehe

    ReplyDelete
  2. tul tul...malah jadi pns itu banyak cobaan lho.

    ReplyDelete
  3. stujuuuuu. alhamdulillah dari saat kuliah sudah di jelaskan oleh para dosen hal semacam ini. yahh,. memang PNS itu mendatangkan kesejahteraan, tapi kesejahteraan yang pas -pasan . memang ada yang bisa berlebih, tapi itu hanya bagi pejabat-pejabat yang jumlahnya sangat sedikit dibandingkan tenaga staf biasa.
    semoga Indonesia bisa lebih maju dengan wirausaha dan perusahaan2 swastanya. :)

    ReplyDelete
  4. aye kaga terobsesi jadi PNS, jadi hamba ALLAH aje yang masuk syurge :)

    ReplyDelete
  5. Kdng ngerasa aneh kalo ada orang rela byr mahal buat jd pns. Apa ga rugi ya? Hehe entahlah

    ReplyDelete
  6. Menjadi PNS itu sama saja cari aman, artinya tuh orang bermental tempe, bukan nya saya mau ngejek atau menghina, tapi itu memang kenyataan ...:D

    ReplyDelete
  7. Betut.. betul.. betul (upin ipin mode on)

    memang kebanyakan motivasi orang menjadi pns adalah mengejar keamanan finansial. aku???

    tapi aku agak ngak setuju dengan istilah "mental tempe", tempe kan ngak sehina itu :D, tempe sumber protein, bayangkan indonesia tanpa tempe, darimana kita mendapat sumber protein lah wong daging mahal harganya :D #sori keluar konteks

    ReplyDelete
  8. Semakin banyak PNS, semakin malas mereka, karena semakin banyak akan semakin ringan pekerjaannya, tapi malah gajinya diperbesar. Weleh...
    Ehm.. ngom-ngom, ini templett beli apa gratisan? Bagus bener. Kayak situs WordPress :D

    ReplyDelete
  9. itu dulu gan hanya pns yang bodoh yg gak bisa sejatrah and kaya,buktinya seiring dgn adanya pp yg mengangkat mengenai sertifikasi Pns yg berprestasi dibidangx akan mendapatkan income yg melimpah,contoh seorang guru gol 4 yg kerjax hanya 24 jam dlm 1 minggu disertifikasi gaji pokok 3 jutaan terus ditambah hasil sertifikasi 3 jt kan 6 juta sebulan jadi klo diperinci kira2 dibyr brpa ya 1 jam kerja...he he he posted coment by http://ahasbi.blogspot.com/ visit back ya...

    ReplyDelete
  10. Tapi kadang kenyataan berbicara lain pak, sehingga entah mengapa mau gak mau, sedikit banyak juga akhirnya ikut mengamienkan; bahwa menjadi PNS itu enak.
    Mungkin terdengar sangat oportunis ya...

    (ngarep kuliah di STAN tapi gak kesampaian)

    ReplyDelete
  11. tapi Bapak saya PNS guru Depag sibuk banget gaji ga cukup biayai kami dan masih nyambi tani menyekolahkan kami ssekarang dah penssiun, beda ma PNS sekarang nyantai2 ....

    ReplyDelete
  12. @anisayu : mungkin bapaknya mba tuh,memang berdedikasi tinggi buat jadi guru,beda dengan PNS sekarang yang suka keluyuran dijam kantor

    ReplyDelete
  13. Betul sekaliiiii.... karena PNS itu amanat rakyat.

    Sukse selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  14. Saya PNS dan saya memilih pekerjaan ini sama sekali bukan karena ingin hari tua terjamin...

    Dan mengenai mencerdaskan anak bangsa itu tidak harus dengan bekerja di pedalaman tapi bisa juga dengan mendidik anak-anak sendiri agar menjadi generasi masa depan yang berkualitas, berakhlak mulia, dan mandiri....karena itulah yang saya lakukan.

    ReplyDelete
  15. @Dewi : tergantung orangnya mba masalah motivasi tsb,tapi hampir 99% orang yang saya jumpai dan ajak bincang2 tuh alasan utama adalah hari tua
    kalau masalah mencerdaskan anak bangsa urus anak sendiri dulu saya setuju,tapi memang harusnya salah satu dari kita bukan yang memperhatikan mereka lalu siapa lagi mba ? pemerintah sibuk ngurusin nazaruddin cs

    ReplyDelete
  16. Soal mau atau tidak menjadi PNS adalah soal selera dan pilihan, siapapun berhak mengambil keputusan sesuai keinginannya sendiri.

    Di semua pekerjaan selalu saja ada orang2 yg serius dalam bekerja, ada juga orang2 yg bekerja santai/seenaknya. Tapi orang2 yg santai/seenaknya pasti akan gugur atau tergeser juga.

    Bagiku, apapun pekerjaannya, asalkan dikerjakan dg sepenuh hati, jujur dan amanah, maka sama baiknya. PNS tak lebih tinggi dari lainnya, ataupun pekerja swasta tak lebih tinggi juga dari lainnya. PNS yg tak bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dg sepenuh hati, tak ada artinya. Pegawai swasta yg hanya mengejar materi juga tak ada artinya. Pengusaha yang money oriented tanpa peduli orang lain pun tak ada artinya.

    Masalah gaji atau pendapatan adalah soal rejeki Allah atas apa yg mereka kerjakan. Asalkan uang itu didapatkan dg cara halal, Insya Allah akan memnberikan banyak barokah bagi dirinya dan orang2 di sekitarnya. Banyak bagiku, mungkin tak seberapa bagi orang lain. Begitu juga sebaliknya.

    Aku adalah PNS dan aku sependapat bahwa tak seharusnya semua orang berharap utk menjadi PNS. PNS tak dapat bekerja maksimal jika tidak ada stake holder (orang2 di luar PNS). PNS, swasta dan masyarakat harusnya bahu membahu membangun bangsa dan negara ini. Bukan saling menyudutkan dan saling merendahkan.

    Setiap orang bekerja berdasarkan motivasi masing2. Sejujurnya aku akui, bahwa bekerja sbg PNS (non Guru ataupun tenaga medis) tak mendapatkan gaji yang 'berlebih'. Memang, kompensasi dari gaji yg 'kecil' itu adalah adanya jaminan di hari tua.

    Menjadi PNS sebenarnya juga bukan impianku. Aku hanya ingin dapat mengamalkan ilmuku dan dapat berguna bagi orang lain. Jika jalannya adalah menjadi PNS ya aku terima dg ikhlas. Aku berusaha menjadi PNS yg baik, meskipun terkadang sistemnya sedang 'tidak baik'.

    Maaf komentarnya kepanjangan...

    ReplyDelete
  17. aku dulu jg pengen jd PNS kayknynya hidupnya enak ,tp ak dak s1 jad ya mimpi aj jadi PNS Ny

    ReplyDelete
  18. bener sekali kalau semua orang jadi PNS yang jadi wiraswasta siapa... padahal banyak peluang disana

    ReplyDelete
  19. Saya sendiri tidak terlalu tertarik untuk menjadi PNS. Saya malah lebih ingin untuk menjadi freelance, walau pendapat tidak menentu :)

    ReplyDelete
  20. @catatan kecilku : wah rekor comment terpanjang nie mba :)
    itu persepsi dari masih warga negara baik dari pihak pns seperti mba atau dari saya sebagai warga negara biasa,mungkin mba adalah salah satu pns yang baik & menjalankan amanah dengan baik diantara 99% pns yang buruk baik perilaku & kerjanya
    bukan bermaksud menyindir pihak pns mba,tapi kalu tidak disindir kadang lupa diri terhadap apa yang mereka kerjakaan,karena rakyat yang menggaji mereka bukannya presiden atau pemerintah

    ReplyDelete
  21. tulisannya bener2 menyetuh

    ReplyDelete
  22. 99% pns yang buruk baik perilaku & kerjanya ? >> Ya Allah sejelek itukah image PNS ? Darimana dapat angka 99% ?
    Aku masih bisa terima kalau disebutkan banyak PNS yang buruk, tapi kalau dikatakan 99%, kok sepertinya berlebihan sekali ya ?

    Berarti hanya 1% PNS yg kerja dg bener? Angka 1% itu tak ada apa2nya. Jika benar hanya 1% PNS yg bekerja dengan benar, maka :
    Itu berarti proses belajar mengajar di sekolah negeri tidak berjalan dg baik & tidak ada yang mampu mengukir prestasi.
    Itu berarti pelayanan di bidang kesehatan tidak dapat berjalan shg hampir semua pasien2 tidak dilayani.
    Itu berarti jalan2 tak ada yg bisa dilewati karena berlubang semua.
    Itu berarti sampah2 di tiap kota menumpuk tanpa ada yg ngurusi sama sekali.
    Itu berarti tak ada pembangunan sama sekali di negeri ini.
    Itu berarti tak ada sama sekali yg bisa ngurusi penduduk di negeri ini.

    Seperti itukah negeri ini ?

    ReplyDelete
  23. kalau saya bertujuan untuk membuka usaha sendiri kalau sudah siap nanti.

    ReplyDelete
  24. katanya jadi PNS itu ga pernah bisa kaya ya,

    ReplyDelete
  25. Seharusnya sebelum menulis sesuatu yang mencela dan menusuk perasaan para PNS seperti itu, harus riset dulu yang baik..jangan hanya berdiskusi dengan beberapa kenalan PNS dan menyimpulkan bahwa 99% PNS berperilaku buruk dan kinerjanya jelek...

    Mari-mari sini diskusi dengan para pegawai di tempat kami biar bisa terbuka wawasan dan pikirannya...tidak narrow minded dan gelap mata seperti ini...

    Pantas saja IPM Indonesia menurun drastis..kalau ngobrol dengan sedikit orang saja, langsung dijadikan kesimpulan.

    ReplyDelete
  26. @dewi : saya sebagai penulis artikel ini dibilang gelap mata itu hak anda sebagai salah satu dari pns yang merasa tulisan saya menyindir atau menyudutkan para pns seperti anda & teman2 anda tapi ayo berdiskusi lebih dalam :)
    pada kenyataannya yang ada bagaimana kinerja selama ini kebanyakan pns ?
    okelah kalau 99% anda tidak setuju saya ralat jadi bnyak para pns yang,
    tulisan ini saya buat memang untuk menyidir kinerja pns yang kinerja tidak sesuai Rules,kalau kinerja pns yang sudah sesuai jalur yang lebih baik ajak temen2 disekitar buat menjadi lebih baik
    Toh yang gaji mereka rakyat,wajar kalau saya sebagai rakyat menggugat,masa dikritik saja tidak boleh ?
    kalau tidak mau dikritik,harusnya membuat suatu prestasi yang berguna bagi rakyat bukan hanya sekedar penghargaan

    ReplyDelete
  27. @catatab kecilku : ok mba saya ralat deh 99% jadi banyak biar sama2 enak antara saya sebagai rakyat & anda sebagai pns
    kesehatan hanya dipusatkan di jakarta
    jalan berlubang,kagak usah jauh2 didepok banyak jalan berlubang padahal tetangga dekat
    papua,kalimantan,ambon,maluku,aceh ? beteriak kemarin2 hingga detik ini,rakyat menggugat dengan hati nurani bukan dengan janji tentang apa yang mereka dapatkan ? hak & kewajiban digadaikan ? lalu siapa yang menyelesaikan masalah ini ? para pns kah
    pendidikan sekarang ada dana BOS tapi tetap saja masuk sekolah negeri dipungut uang,ini kenyataan yang saya alami
    pembangunan hanya ada di pulau jawa,kalimantan tidak pernah disentuh kecuali dari pihak asing yang membantu perbaikan jalan,
    banjir dijakarta tidak pernah selesai masalahnya,sudah milyaran duit rakyat yang terbuang atau sengaja di buang oleh proyek2 kagak jelas & tidak transparan
    yang ngurusuin dinegeri kagak ada,coba lihat dipinggiran jakarta mba,tiap kali ratusan kios digusur dengan paksa tanpa belas kasih tanpa ada solusi pasti tentang jalan keluar mereka
    sampah dijakarta aja,dikali2 berjejeran kaya lagi nunggu diangkut dari ujung jakarta sampai ujung jakarta lagi penuh dengan sampah
    pasien berobat,dipersulit dengna birokrasi di negeri ini yang di putar balikan fakta,
    di wilayah timur indonesia,pendidikan sangat mahal harga mba makanya semua orang pada berpusat di pulau jawa saja demi mendapatkan pendidikan yang lebih baik
    pembangunan indonesia lebih baik sekarang,itu semua karna tangan asing bukan tangan indonesia,sekali investor menarik saham di bursa efek langsung collapse ekonomi indonesia

    ReplyDelete
  28. enak loh jadi PNS mas Andy ngak mau? hihiii..
    #kayak saya tahu aja..
    saya mendoakan aja deh..semoga tidak pada malas2an

    ReplyDelete
  29. Tidak salah PNS sekarang ini adalah sebuah pekerjaan yang paling bayak diminati, karena dinilai dari sisi materi(gaji) dan kerja nya sangat enak. Berangkat telat, siang makan sambil jalan2, belum waktunya pulang udah boleh pulang duluan. Itulah mengapa banyak yang ingin jadi PNS.

    ReplyDelete
  30. banyak sekali PNS yg makan gaji buta,
    kerja alakadarnya...gaji tetap diterima utuh...

    ReplyDelete
  31. segala cara dihalalkan untuk jadi PNS.

    ReplyDelete
  32. meskipun saya bukan pns, masih mahasiswa, tp saya meyakini klo PNS indonesia lbh banyak yg comfort zone. adalah hanya sebagian kecil yg berani keluar jalur atau melakukan gebrakan. misal helmy yahya yg lulusan stan lalu keluar dr PNS karna ritme kerja yg stagnan alias tidak produktif, rela membayar denda sekian demi keluar dr pns. ada pula yg pns (misal beberpa dosen saya) yg merasa tidak sreg dgn sistem kerja lalu lbh baik memperbanyak proyek di luar, tabungan dan produktivitas tambah tinggi. oleh karena itu semoga kelak ada perbaikan sistem kerja PNS indonesia. kapan? entahlah :)

    ReplyDelete
  33. yap...jgn bercita2 jadi pegawai...

    krn bisa membebani pendapatan negara...

    ReplyDelete
  34. Gak semua PNS mental tempe....
    lebih parah lagi kalo gak ada PNS...
    gak ada tempe lho...
    :P

    ReplyDelete
  35. Menjadi PNS adalah suatu pilihan seperti halnya menentukan pilihan-pilihan hidup lainnya..Tp stlh melihat fakta yg ada, image PNS blum mmperlihatkan kemajuan/prkmbangan yg brarti.Kl qta baca di koran atau media televisi,dll, pd knyataannya msh ada sj oknum PNS yg mmperlihatkan knerja /prilaku yg buruk seperti keluyuran pd saat jm kerja, msh bolos mskipun cuti brsama sdh berakhir, pulang sblum waktunya, trtangkap mlakukan prbuatan asusila ditmpt umum, dan mngkin yg paling mncemaskan adlh scr tdk sadar mematikan potensi trbesar yg ada dlm dirinya akibat mrasa sdh 'nyaman' dan 'aman'..akibatnya,tdk mo lg brjuang utk hidup yg lbh brkualitas/utk brprestasi lbh tinggi (mngalami stagnasi), tdk mo lg brpikir lbh keras/lbh kreatif utk ssuatu yg lbh baik,dll. Sy tdk mo mndiskreditkn pns scr ksluruhan krn pihak yg paling brtanggung jwb dlm hal ini adlah pemerintah yg notabene membentuk/mngkondisikan para pegawainya mlakukan prbuatan2 sprti itu..Pengwasan yg lemah, sanksi yg ringan, rekrutmen yg identik dgn suap/sogok, dan bnyk aparat/ptinggi birokrasi yg gk memiliki hati nurani dgn yg mmperlihatkan leadership yg buruk,pungli dimana2, dan yg sdh mnjdi rahasia umum KORUPSI...Knp pns itu bnyak disorot??Krn mereka adlah abdi negara sekaligus abdi masyarakat yg tugas mulianya adlah melayani kepentingan khalayak umum...Maka jadilah PNS yg memiliki hati nurani shg dgn sndirinya akan membentuk karakter yg kuat,brdedikasi,disiplin, tdk ikut arus, anti suap/korupsi dan melayani sepenuh hati..maka banggalah mnjadi PNS..^_^

    ReplyDelete
  36. tujuan menjadi PNS apa dulu?kebanyakan karena pengen aman dan dihormati di masyarakat..nah makax PNS kaya mba dewi marah dikritik..soalnya PNS tu terhormat mas..bukan rendahan..PNS tu harga dirinya tinggi..mudah tersinggung..tinggi banget karena merasa mampu mengalahkan ribuan org yg daftar PNS..padahal nilai tesnya ga tahu berapa?

    ReplyDelete
  37. tidak ada yg perlu dibanggakan dg menjadi pns...80% apbn negara dipakai untuk menggaji pns...sementara apbn itu sumbernya sebagian besar dari pajak...sebagian besar orang-orang kecil dipajaki untuk menggaji pns (buruh, pegawai swasta bergaji kecil, pedagang, dll)...pns menikmati previlege kesehatan askes, gaji naik kinerja nol besar.... menjadi pns mestinya suka tidak suka ikut korupsi kecil-kecilan karena sistemnya sudah seperti itu. kalau jadi pns yg jujur dan melawan arus pasti dikucilkan.... kalau mau selamat di akhirat jangan jadi pns, pertanggung jawabannya berat...lebih baik jadi pedagang yg jujur...

    ReplyDelete
  38. aku juga kalau mampu bekerja secara normal, aku ga mikir jadi PNS tapi lebih berpikir memilki usaha sendiri (wiraswasta)

    *blog kamu kritis juga kok, aku suka, saranku tolong beri kemudahan bagi pengunjung untuk membuka artikel2 lama kamu - itu saja

    ReplyDelete
  39. klo menurut saya memang bener ritme kerja pns tidak produktif.. beda dng perusahaan swasta bisa langsung ditindak..
    klo ada yang komen jadi pns karena ingin mengamalkan disiplin ilmunya kok saya ga percaya ya :) hmm coba tanya hati anda yang paling dalam..

    ReplyDelete
  40. Kita semua ga bisa lepas dari yang namanya birokrasi. sejak lahir hingga ntar mati. dari akte kelahiran sampai dengan akte kematian. dan semua itu berguna bagi kita. Bahkan, kalian bisa kuliah, bisa mengamalkan disiplin ilmu kalian, pasti ga lepas dari yang namanya sistem. dosen, guru2, atau mungkin orang tua kalian pasti ada yang sedang mengabdi kepada negara.

    Pun, dengan pekerja swasta, toh kita bareng2 bela negara, kita melangkah bersama memajukan bangsa ini. Hendaknya kita saling menghargai.

    pengangkatan PNS pun tersistem, masalah untung atau ruginya negara, Tuhanlah penentunya, kita hanya bisa usaha. makasih

    ReplyDelete
  41. PNS Adalah pekerjaan yang biasa saja sama dengan pekerjaan yang lainnya, saya PNS kerja saya juga full bahkan tidak ada waktu santai buat saya dikantor, selalu ada saja pekerjaan tapi alhamdulillah saya Ikhlas dan bersyukur dengan begitu gaji yang saya terima setiap bulan tidak menjadi haram untuk dimakan oleh anak bini, Dulu daftar jadi PNS tidak pakai uang sepeserpun hanya beli formulir dan materai saja,,,sering diejek oleh Saudara, paman, bibi tetangga bahwa untuk jadi PNS harus pakai uang sogokan yang nilainya bisa puluhan juta,,,Tapi saya tidak menghiraukannya,,,ikut tes CPNS berkali2 akhirnya tanpa rasa putus asa lolos juga...Alhamdulillah berarti saya telah memecahkan anggapan dari orang2 disekitar saya bahwasannya untuk menjadi PNS itu harus pakai uang suap, Buktinya demi Alloh saya tidak pakai uang suap dan bisa diterima menjadi PNS secara murni. Bukannya saya bangga jadi PNS tapi saya Bangga dan bersyukur kepada Alloh SWT yang telah memberikan pekerjaan kepada saya walau pekerjaan saya menjadi PNS, PNS yang diberi amanat untuk melayani kepentingan bangsa, negara dan masyarakat Indonesia...Terima kasih telah membacanya semoga ini bisa menjadi renungan kita bersama...

    ReplyDelete
  42. aku karyawan swasta sih,pernah ngimpi jadi PNS,tapi sekarang aku lebih pengen jadi Guru sekolah dasar begitulah,lebih menyenangkan rasanya bisa mengajari mereka bersekolah belajar membaca menulis,kalo hanya PNS biasa aku tidak terlalu antusias,mereka sudah mendapat imej jelek,lagipula kinerjanya kurang oke,ibuku sendiri PNS tapi juga kelimpungan karena teman-temannya saja sering telat berangkat,cuti 3bulan,ada yang cuma absen trus ilang,ada yang malah seminggu sekali nongol.huft,
    kalo memang sebagai abdi negara,aku ingin menjadi pelayan masyarakat,entah itu dibidang pengajaran,perangkat desa,birokrasi atau bidang kesejahteraan.

    ReplyDelete
  43. soal malas atau tidak dalam bekerja itu bukan karena status PNS atau tidaknya....bukan PNS juga bisa kerja malas dan asal2an...tapi sistem. sistem yg membuat orang ga perform, sistem yg membuat waktu bisa terkorupsi dll. so lebih bijak klo kita tidak menghujat PNS nya tp sistem yg ada, kayanya lebih bermanfaat deh..karena kita butuh PNS/POLRI/TNI.

    ReplyDelete
  44. Itulah PNS..tidak salah postingan ini, kita semua bisa melihat dengan sendirinya bgaimana PNS dan kerjanya selama ini..kembali kepada diri sendiri,,apa tujuan kita dsini,,tanpa menjadi PNS pun sebenarnya kita bisa mensejahterakan hidup juga sekitar..kalo memang merasa kinerja sbg PNS tidak seperti itu, ya kita Ъќ perlu tersinggung..toh kita tidak bgtu,,kalo tersinggung itu ♈ªϞƍ dpertanyakan? Indonesia itu komplit, image PNS sudah terlanjur seperti itu, beranjak dari pribadi kita ♏ä☺ berubah atau tidak, ♏ä☺ mengambil resiko atau tidak..utk mengubah Indonesia..:)..salam..

    ReplyDelete

Komentar anda, secara tidak langsung. Merefleksikan kualitas diri anda yang sebenarnya.