Budaya Gotong Royong





Gotong Royong merupakan suatu kegiatan sosial yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia dari jaman daulu kala hingga saat ini. Rasa kebersamaan ini muncul, karena adanya sikap sosial tanpa pamrih dari masing-masing individu untuk meringankan beban yang sedang dipikul.

Hanya di Indonesia,kita bisa menemukan sikap gotong royong ini karena di negara lain tidak ada sikap ini dikarenakan saling acuh tak acuh terhadap lingkungan di sekitarnya. Ini merupakan sikap positif yang harus di lestarikan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kokoh & kuat di segala lini.

Tidak hanya dipedesaan bisa kita jumpai sikap gotong royong,melainkan di daerah perkotaan pun bisa kita jumpai dengan mudah. Karena secara budaya, memang sudah di tanamkan sifat ini sejak kecil hingga dewasa.

Karena ini merupakan salah satu cermin yang membuat Indonesia bersatu dari sabang hingga merauke,walaupun berbeda agama,suku & warna kulit tapi kita tetap menjadi kesatuan yang kokoh.Inilah alah satu budaya bangsa yang membuat Indonesia,di puja & puji oleh bangsa lain karena budayanya yang unik & penuh toleransi antar sesame manusia.






23 comments:

  1. hidup indonesia..

    salah satu kehebatan indonesia adalah gotong royong dalam korupsi. :)

    salam.. kunjungan perdana.! blognya segar.. :)

    ReplyDelete
  2. absen salam kenal indah nya kebersamaan O_O mampir2 jg ya ke http://www.tirtadarmantio.com/ sdh sy follow di folback ya

    ReplyDelete
  3. yup..Indonesia memang terkenal dengan gotong royongnya. Hanya sayang, sifat kegotong-royongan itu perlahan-lahan memudar terutama di daerah urban (kota). Syukur2 jikalau tiap minggu atau ketika menjelang 17 agustus..masih ada kerja bakti bersama.

    ini tentu harus dipuput dan ditanamkan kepada generasi muda kita (sambil menunjuk hidung sendiri...hehehehe)

    ReplyDelete
  4. Indonesia akan selalu dihatiku
    hingga akhir hayatku
    hidup indonesia
    akan selalu bergelora,kelak indonesia akan negara maju.

    ReplyDelete
  5. karena semangat gotong royongnya bangsa ini bisa berdiri dan menjadi kuat, gotong royong dalam hal apapun baik yang baik maupun yang buruk....tergantung dari kepentingan pihak-pihak yang bergotong royong

    ReplyDelete
  6. indonesia memang mempunyai ciri khas..:)

    ReplyDelete
  7. LoL baca komen pertama.
    Gotong royong dalam korupsi @_@

    ReplyDelete
  8. trus tngkatkan bdya gotong ryong unk cptakan INDONESIA yg is the best

    ReplyDelete
  9. gotong royong dalam artian yang 'heroik' itu cuma ilusi. Jika dikaji lebih jauh, gotong royong ternyata tidak sehaluan dengan budaya 'berkompetisi', dan itu berarti menghambat kemajuan.

    Back to reality, gak ada makan siang gratis di dunia ini..

    ReplyDelete
  10. Malsialapari, Marsiurupan atau Gotong Royong budaya indonesia yang tak bisa di pungkirin...

    ReplyDelete
  11. Izin copy sebagian artikel di atas, untuk blog saya, tapi selanjutnya ditranslate b.inggris. Dan saya kasih link ke blog ini, salam blogger Indonesia.

    ReplyDelete
  12. Gotong royong adalah kerja berjamaah...

    ReplyDelete
  13. Budaya gotong royong mulai memudar di sebagian masyarakat kita. Masyarakat sudah mulai apatis dengan kehidupan gotong royong. Terlebih di perkotaan yang kehidupan masyarakatnya mungkin lo lo.. gua.. gua just add :D

    ReplyDelete
  14. Hallo Mas Andy,
    Saya ingin mempunyai foto asli di atas. Bisa minta?

    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  15. saya gak tau yang terjadi di tempat anda. tapi di tempat saya, gotong royong menjadi sebuah ajang pemaksaan yang mengatasnamakan kepentingan umum, bahkan cenderung melanggar HAM. Buruknya lagi gotong royong tidak memberikan sedikitpun tempat untuk kritik saat warga berkeberatan ketika diminta membayar uang, mereka harus bolos kerja saat ada acara kampung, bahkan seorang tetangga harus menjual ayam hanya untuk menyumbang orang hajatan yang jumlahnya tampak terlalu dipaksakan dengan alasan tidak enak.... menurut saya gotong royong malah lebih mirip idrologi fasis, mengekang kebebasan manusia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin budaya ditempat sobat beda dengan tempat kami...

      Gotong-royong itu menciptakan kebersamaan rasa persaudaraan dan persatuan,,
      Pada hakekatnya manusia itu diciptakan sebagai makluk sosial yang hidupnya harus berinteraksi dengan manusia lain karena manusia itu tidak bisa berdiri sendiri tanpa orang lain.

      Kalau kita tengok ke sejarah masa lalu,, tanpa Gotong-Royong mungkin Bangsa ini belum Merdeka...

      Hanya orang yang memahami arti hidup dan kehidupan akan menghargai sebuah arti gotong-royong.

      Delete
  16. bagaimana membangkitkan rasa gotong royong didaerah perkotaan,?sedangkan masyarakat kota itu jarang gotong royong?

    ReplyDelete

Komentar anda, secara tidak langsung. Merefleksikan kualitas diri anda yang sebenarnya.