Pejuang atau Pencundang ?





Dibanyak negara kami,diperlakukan bak raja terbaik tapi hanya dinegara ini kami diperlakukan bak pencundang yang tidak mempunyai harga diri.Dibanyak negara pula,banyak orang yang dengan tulus ikhlas mau masuk menjadi prajurit bersenjata yaitu Tentara ( TNI ) tapi tidak dinegara ini yang selalu & selalu memperlakukan kami bagai sampah yang berserakan dijalan.

Mungkin tak banyak yang tahu & mau tahu,tentang apa yang yang mereka rasakan ketika mereka berada ada didua sisi yaitu Pejuang & Pecundang.Yang mereka rasakan adalah sedih,ketika mana semua jerih payah mereka mempertahankan & mengharumkan nama merah putih di mata dunia internasional tidak lagi dihargai oleh warganya sendiri ditanah air ini.

Demi sang merah putih,mereka sering berpergian ke berbagai negara dalam rangka membantu PBB untuk perdamaian dunia,dinegara – negara konflik dengan meninggalkan istri yang sedang hamil & anak yang masih kecil tanpa pernah tahu kapan mereka akan kembali lagi ke pelukan keluarga.

Atau bahkan tidak akan kembali lagi,entalah semua itu tidak mereka pikiran karena yang terpenting buat mereka adalah ketika hidup mereka berguna buat orang – orang yang membutuhkan & juga untuk negaranya.

Yang jelas keluarga mereka semua sudah menunggu mereka dirumah ketika waktu pulang tiba,bagi istri & anak mereka menjadi Tentara ( TNI ) adalah sebuah kebanggaan tersendiri yang mereka miliki karena tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan menjadi Tentara ( TNI ).Walaupun secara finansial, yang mereka lakukan selama ini untuk negara jauh dari kata sempurna.

Tapi itulah sedikit potret perjuangan mereka untuk merah putih yang akan bisa mereka ceritakan pada anak cucu mereka kelak ketika dewasa.Tentang apa yang disebut Tentara sejati yang rela mengorbankan semuanya demi negara,walaupun dicemooh atau dipuja mereka tetap setia menjadi garda terdepan.

Kesimpulan : Jangan melihat mereka dari satu sisi saja,tapi lihatlah mereka dari seluruh sisi agar kita tahu seberapa berat & susahnya mereka bekerja untuk merah putih.






32 comments:

  1. Berita di media massa mungkin sering kurang berimbang dlm memberitakan mereka. Lebih seringan memberitakan tindakan negatif yg dilakukan oleh mereka, sedang berita yg bagus-bagus jarang diekspose.

    Sekali lagi peran media massa sangat penting sekali utk membentuk image seseorang atau instansi atau apapun itu.

    ReplyDelete
  2. iya kasihan orang pensiunan TNI yg msh pangkat kecil disia2kan setelah tua padahal mereka berjasa :(

    ReplyDelete
  3. kecenderungan masyarakat untuk menerima berita negatif memang harus dikurangi sob, media juga seharusnya bisa menjadi penyampai yang bijak, semoga saja mereka bisa mendapatkan balasan setimpal ya dari perbuatan baik mereka. Amin ;)

    ReplyDelete
  4. Yah begitulah realitanya sekarang.
    benar-benar ironi =="

    ReplyDelete
  5. semua juga berjuang, gak cuma para veteran, atau rakyak biasa pun ikut berjuang. hasil akhirnya mungkin berbeda-beda, tapi kesederhanaan yang menerima menjadikannya lebih bertahan. biasanya yang sukses di hari tua hanya bagi yang pintar dalam berstrategi menyiapkan sebelum menutup sisa hidup.

    ReplyDelete
  6. Terimakasih untuk postingan ini Andy :)
    Bapak saya Tentara, dan saya bangga!

    ReplyDelete
  7. dalam keluarga saya banyak anggota TNI sob...
    :)

    ReplyDelete
  8. semoga mereka diberikan yg terbaik oleh Yang Maha Kuasa.....

    ReplyDelete
  9. iya tuh betapa sedih keluargaX kalau seorang TNI pulang dengan keadaan tak bernyawa

    ReplyDelete
  10. kakek saya veteran perang..
    kalo ketemu..
    pasti nyeritain jaman dulu perang sama belanda dan jepang...
    tp sekarang udah meninggal.. :')

    ReplyDelete
  11. melihat seluruh sisi kadang susah, makanya yah itu ...

    ReplyDelete
  12. Mas Andy makasih ya buat tulisannya :')
    Langsung teringat alm. Kakek saya yang tentara, dan alhamdulillah Nenek saya nggak mengalami kesusahan seperti janda veteran yg banyak diliput berita

    ReplyDelete
  13. miris emang liat org kita yang berjuang di negara orang. Ntar kalo ada apa2, negara kita pasti telat ngasih respon. Para petinggi kita itu kebnyakan peduli setelah ada berita heboh dari rakyat. Kalo rakyat gak ngabarin mereka juga pasti santai2 aja. Ketebak dah mental para petinggi kita, gak berubah2.

    ReplyDelete
  14. tanpa tentara yang berjuang apakah negara kita akan merdeka...? salam hormat buat semua pejuang Indonesia :)

    ReplyDelete
  15. ^____^

    ijin follow
    jangan lupa foll back jika berkenan, arigato na

    salam. . .

    ReplyDelete
  16. baru berkunjung nih mas..
    :)
    saya pribadi justru salut dengan orang-orang yang berani berani resiko tinggi seperti itu..
    TETAP BERKARYA dan BERJUANG!!
    Tuhan memberkasi..
    :)

    ReplyDelete
  17. aku berasal dari keluarga polisi dan TNI, jd tau bgt bagaimana perjuangan mereka, jg perjuangan keluarga yg ditinggalkannya saat bertugas.
    I totally agree with u
    :)

    ReplyDelete
  18. Yups setuju, mereka bukan pecundang.

    Masih banyak yang harus dibenahi dari Negeri ini ya, semoga...

    ReplyDelete
  19. tentara yang bertugas di lapangan perlu dihargai oleh para petinggi yang duduk di meja

    ReplyDelete
  20. setahu saya, semua orang, semua profesi, mereka selalu dihadapkan pada 2 sisi, pejuang dan pecundang. ga cuma TNI aja... :)

    ReplyDelete
  21. semua hal memang tak boleh dilihat dari satu sisi saja :) seperti koin bersisi dua

    ReplyDelete
  22. padahal mereka-mereka adalah orang-orang yang berjasa bagi negara, tetapi kadang malah diperlakukan tidak layak yah..

    memang sebaiknya dalam memandang masalah jangan cuman dilihat dari sepihak saja, karena bisa jadi salah.

    ReplyDelete
  23. iya kadang kasihan melihat polisi yg harus melawan rakyat sendiri ketika ada demo...padahal mrk melakukan itu krna tugas...kalo polisinya terlalu baik...pendemonya bersikap kurang ajar...kalo polisinya bertindak tegas...dianggap melanggar HAM....hmm jd serba salah dech....

    ReplyDelete
  24. nice posting mas Andy, sebuah renungan penuh makna, agar kita tak hanya memandang sesuatu dari sebelah sisi saja. Memang sih banyak mata yang melihat mereka sebagai pecundang, tapi di sisi lain, bener banget mas, mereka juga adalah pejuang dan pahlawan bagi bangsa ini.. walau tentu saja banyak juga pahlawan dari bidang lainnya.

    trims atas postingannya...

    ReplyDelete
  25. makin sering baca postingan2nya yang punya blog bikin aku ngerasa yang punya blog orangnya cukup kritis yah.. hahhaa... i like your mind. :)

    ReplyDelete
  26. meri menghargai. dimulai dr postingan ini, dimulai dr kita :)

    ReplyDelete
  27. kalo disia2kan berarti abis manis sepah dibuang

    ReplyDelete
  28. hmmm...
    bangsa yg besar harus menngingat muka koruptor yg berserakan...
    agar dapat membuangnya ditempat yg sampah...
    :P

    ReplyDelete
  29. maaf baru berkunjung lagi mas..selamat sore ya..selamat berwik-en ria. ikut prihatin dengan kondisi mereka..dan sya hanya bisa merenung sebelum ikut nge-judge juga..

    ReplyDelete

Komentar anda, secara tidak langsung. Merefleksikan kualitas diri anda yang sebenarnya.