Les Bimbel Vs Belajar Autodidak






Setiap dari kita semua,pasti ingin menjadi orang yang pintar & terbaik dilingkungannya.Tapi semua keinganan itu,kadang hanya menjadi khayalan semata & tidak pernah terealisasi sesuai harapan kita karena ada benturan satu & lain hal yang kadang bisa atasi kadang juga tidak bisa kita atasi dengan mudah bahkan tak jarang kita menyerah.

Tapi untuk orang yang berkecukupan,mungkin hal itu bisa terealisasi dengan lebih mudah karena ada bantuan secara materi maupun non materi yang selalu mendukung harapan tersebut agar tercapai dengan baik & salah satu mengikuti Les Bimbel. Hal ini berbanding terbalik.  Jika, melihat potret orang yang kurang mampu, baik itu  secara materi karena banyak hal & rintangan yang selalu menghadang mereka disetiap langkah mereka untuk maju sehingga mereka hanya mampu Belajar Autodidak dari kecil hingga dewasa.

Tapi hal itu,bukan menjadi penghalang untuk kita menjadi manusia yang pintar baik itu secara Belajar Autodidak maupun mengikut Les Bimbel yang banyak ditawarkan disetiap sudut jalan saat ini.Yang menjadi penghalang kita menjadi pintar adalah rasa malas & mudah menyerah pada setiap masalah yang datang kepada kita, sehingga kita menjadi orang yang bodoh karena kita seolah – olah berusaha melarikan diri setiap bertemu dengan masalah itu setiap saat.

Les Bimbel & Belajar Autodidak, adalah salah satu penunjang tapi bukan penentu seseorang untuk menjadi pintar sepintar Albert Einstein, Agatha Christie, Lawrence Ellison atau Larry Page. Yang menentukan anda menjadi pintar adalah keinganan diri anda sendiri untuk maju sekarang & nanti atau tidak sama sekali maju.

Dan menjadi orang pintar tidak semudah membalikan telapak tangan, tapi harus dilakukan dengan tekun & berkelanjutan sampai ilmu yang anda dapat bisa berguna untuk orang lain kelak.

Kesimpulan : Yang terpenting dalam pendidikan, sesungguhnya adalah moral & akidah, yang berguna ketika nanti berada, dilingkungan masyarakat. 



39 comments:

  1. saya dulu bimbelnya kalau sudah mau ujian nasional aja sih :)

    ReplyDelete
  2. gue dulu bimbel hanya pas menjelang SPMB aja...:D

    ReplyDelete
  3. wahhh kalau saya ma belajar autodidak karena gak ada yang bisa bantuin selain diri sendiri

    ReplyDelete
  4. suka sama yang bagian ini sobat
    "..Les Bimbel & Belajar Autodidak,adalah salah satu penunjang tapi bukan penentu seseorang untuk menjadi pintar.."

    semua tergantung pada diri kita masing2, memang..
    nice post sobat..
    salam

    ReplyDelete
  5. Nice..saya dari dulu ndak pernah ikut bimbel hehe..tapi tetep cakep #lohgaknyambung :D
    Belajar itu bisa dari mana saja :)

    ReplyDelete
  6. dengan kemauan yang kuat dan ga punya rasa malas belajar, bisa jadi pintar, asal sesuai bakat yg kita punya karena tiap orang punya keahlian yg berbeda... :)

    ReplyDelete
  7. menjadi pintar tidak harus dengan les bimbel atau semacamnya,yang penting kemauan yang besar pasti deh ada jalan,,,,

    setuju dengan mbak juwita,belajar bisa dari mana saja^^

    ReplyDelete
  8. belajar bisa dgn cara apa saja.. asal dilakukan dgn sungguh2..

    ReplyDelete
  9. Setuju dgn postingannya.

    Sori oot:
    apakah ada yg salah di kurikulum sekolahan sehingga murid-muridnya 'seolah-olah harus' juga belajar di bimbel selain belajar di sekolah?

    ReplyDelete
  10. nice posting gann!!
    setuju sekalii...! *angguk-angguk* d(^.^)

    ReplyDelete
  11. aku stm aja ga lulus
    makanya begitu masuk dunia kerja lebih banyak belajar dari pengalaman dan teman teman
    nyatanya aku bisa kerja dengan baik
    cuman suka gaenak melihat kenyataan anak buahku semuanya sarjana
    hehe

    ReplyDelete
  12. Saya milih ikut les, soalnya udah nyoba otodidak dan bingung sendiri.. Hehehe.. Menurut saya, dua2nya perlu. Biar ngga salah teknik juga.

    ReplyDelete
  13. berkalikali ikut bimbel selalu aja berakhir mengenaskan, cuma bertahan beberapa bulan dan berakhir bosan
    saya tetap paling senang belajar otodidak sendiri aja, lebih puas kalau bisa memecahkan soal sendiri

    ReplyDelete
  14. Dulu waktu jaman2nya mau Uan dn Spmb, sy pengen bgt bimbel... bapak sy sudah dtg ke tempat lesnya dan nanya2 ttg biayanya, ternyata keluarga saya gak mampu. sempat kecewa sih soalnya semua temenku pada bimbel...

    tapi Alhamdulillah, biar kecewa sy gak ngedrop. nilai Uan memuaskan, pas tes spmb jg lulus di pilihan pertama, Akuntansi. saya membuktikan sendiri kl bimbel itu gak menjamin apa-apa, semua kembali ke pribadi masing-masing.

    #halah... malah curhat :)

    ReplyDelete
  15. masih bingung mas ama les bimbel juga belajar autodidak mau nyimak aha dulu

    ReplyDelete
  16. belajar autodidak sebenarnya lebih baik dari les bimbel. sayangnya, aku ndak mampu kalau disuruh kayak gitu. tapi les bimbel juga nunggu kalau mau UNAS :D
    Kunjungan pertama, follow & comment balik ya.
    Thanks :)

    ReplyDelete
  17. saya malah gak pernah bimbel... XD

    ReplyDelete
  18. setuju sekali sama kesimpulannya. banyak anak dileskan macam macam, malah anaknya jadi bosen dan bingung :)

    ReplyDelete
  19. balik lagi ke diri masing'' sis,.
    Walau pun les mpe ujung dunia jg ga bakal msk ke otak klo sifat pemalas itu ga ilang''.. :P

    ReplyDelete
  20. baru mengenal bimbel saat SMA kelas 3 semester 2, untuk persiapan UNAS dan SPMB saja. itupun jika tidak dipaksa orang rumah, mungkin juga akan enggan. karena sejak dulu aku selalu beranggapan, seseorang yang mengikuti bimbel itu lebih cenderung memandang keberhasilan dalam belajar dalam bentuk nilai . padahal nilai bukanlah segalanya... banyak hal yang kita pelajari di bangku sekolah, maupun kuliah, disamping materi-materi pelajaran itu sendiri. dan bimbel menurutku, dapat menyita waktu seseorang untuk bersenang-senang. misalnya saja, masih SD sudah disuruh bimbel. kan kasihan. harusnya saat liburan mereka bisa bermain bersama teman-teman, malah yang terjadi justru sebaliknya.

    ReplyDelete
  21. dulu kalau saya ikut bimbel pas udah UN malah :hammer saya bimbel buat tes SPMB :D

    salam kenal, kunjungan pertama, ditunggu kunjungan baliknya :)

    ReplyDelete
  22. pernah ikut bimbel tp di guru sendiri....
    les kelomok gtu...'tu cm buat mapel matematika.fisika dan kimia...
    :P

    ReplyDelete
  23. saya gak pernah ikutan bimbel (emang gak mampu) tapi malahan ngasih bimbel buat anak-anak (padahal gak pinter), cuma modal baca sama berpikir, hehe ;)

    ReplyDelete
  24. Kalo menurut gue, bimbel itu buat orang bodo aja, coba kalo dia gak bodo, pasti gak les kan? Tapi kalo autodidak itu orangnya kreatif dan pinter, kyk q bikin blog prtma q.

    ReplyDelete
  25. hahahha, dhe gk pernah ikut les bimbel sob.. gk tau, gk tertarik aja.. pokoknya pas zaman sekolah dulu, sama sekali gk pernah mengikuti les apapun, kecuali les yang diadain oleh pihak sekolah.. lebih enak belajar sendiri aja.. itu kalo menurut dhe.. :D

    ReplyDelete
  26. dulu mah aku gak pernah les lesan. belajar sendiri. hehe. anak sekarang enak ya banyak les ini itu.

    ReplyDelete
  27. yg penting belajar, dan gagal itu hal yg wajar, malah albert einstein itu memasukkan kegagalan dalam catatan penting karena kalo tidak gagal tidak menemukan hal yg baru :)

    ReplyDelete
  28. ih suka suka suka sama kesimpulanmu. *elus2 kesimpulan*
    kenapa gue komen ga penting ya? oh ya, gue ga penting juga... *mlipir*

    ReplyDelete
  29. setuju deh :D hehe. tapi kita juga terkadang butuh bimbel kak :)

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah, hingga sekarang saya gak pernah ke bimbel. ya mungkin karena latar belakang keluarga yang gak terlalu mampu untuk membayar les.

    ReplyDelete
  31. apapun itu,,, semua kembali ke diri kita, dan ke niat kita
    innama a'maluna binniat
    semuanya tergantung ke niatnya
    Like this posting

    ReplyDelete
  32. iya betuuuuullll! jangan malu kalau kita gak ikut bimbel. yg penting doa dan usaha kuat.:)

    ReplyDelete
  33. aku memilih mengajarkan anak sendiri saat ini daripada les, apalagi umurnya masih kecil .teman2nya kebanyakan yang mengikuti les jadi harus bisa bicara sama anak kenapa dia tidak les

    ReplyDelete
  34. bimbel dan belajar otodidak punya kelebihan masing-masing, yg penting belajarnya maksimal aja

    ReplyDelete
  35. saya juga bimbel pas mau SPMB..selebihnya ga pernah..ga punya ongkos..heheh

    ReplyDelete
  36. tapi sob, kalau belajar otodidak ngga ada yang benerin kalo salah, terus ane pernah denger belajar dengan guru akan jauh lebih mudah ketimbang belajar sendiri *kata guru ane sih :D

    ReplyDelete
  37. kalo bimbel lebih banyak dorongan buat belajar dibanding otodidak

    ReplyDelete

Komentar anda, secara tidak langsung. Merefleksikan kualitas diri anda yang sebenarnya.