Saudara Lebih Penting Dari Uang






Dari sejak kita kecil hingga dewasa saat ini, kita selalu & selalu diajarkan oleh orang tua kita semua untuk menjunjung tinggi rasa menghormati antar sesama manusia & terlebih kepada saudara kandung kita sendiri.Dan mungkin tidak akan pernah kita bayangkan & pikirkan, tawa senyuman yang dulu menghiasi wajah kita ketika bermain bersama saudara kita kini harus lenyap bagai debu yang tertiup angin kencang.

Hanya karena masalah uang,yang dahulu tidak bahkan pernah kita pikirkan sedikit pun. Bahkan tidak jarang kita jumpai dimedia cetak & elektronik, hanya karena masalah uang kita rela membunuh saudara kandung kita sendiri. Sungguh ironi sekali, ditengah perkembangan jaman yang semakin maju di segala aspek kehidupan seharusnya rasa kepedulian kita terhadap sesama tidak hilang atau pudar.

Inilah sedikit potret kelam kehidupan dimasyarakat kita saat ini, yang lebih menomer satukan uang ketimbang apa pun didunia ini termasuk saudara kandung bahkan sampai merabah ke orang tua kita sendiri. Memang secara keseluruhan uang punya peranan penting dalam kehidupan kita sehari-hari ,tapi setidaknya uang akan tidak punya peranan penting ketika uang yang kita punya saat ini tidak ada manfaatnya untuk orang-orang disekitar kita.

Maka dari itulah,kita harus lebih dekat dengan saudara kita sendiri tentang segala masalah yang sedang dihadapin baik itu dari segi rohani & jasmani. Agar uang yang kita berikan & amanahkan kepada mereka bisa dipergunakan dengan baik & bijak sesuai harapan sehingga menghindari penyalah gunaan uang tersebut. Karena kebanyakan dari kita lebih dekat dengan pasangan kita sendiri & teman,tapi melupakan rasa kedekatan kita terhadap saudara kandung kita.

Kesimpulan : Uang memang bisa membeli rumah, apartemen,cincin berlian, cokelat dll tapi ada satu yang tidak bisa dibeli oleh uang yaitu saudara kandung kita sendiri.




51 comments:

  1. suadara kandung tak bisa dibeli, jadi musti dihargai :)

    ReplyDelete
  2. Like this yooo...

    Persahabatan, apalagi persaudaraan kandung tidak dpt dibeli dgn uang, tdk ternilai...

    ReplyDelete
  3. ya, mestinya dan seharusnya keluarga lah yang menjadi saudara terdekat kita, karena jalinan silaturahmi dgn keluarga akan menjadi pondasi bagi diri kita utk menjadi pribadi yang harmonis kepada siapapun. Terimakasih tulisanya ya :)

    ReplyDelete
  4. kita bisa memilih dalam hidup, tapi tidak memilih saudara. Tuhan memberikannya sebagai hadiah :)

    ReplyDelete
  5. aku selalu menyayangi saudara kandung
    bahkan keponakanpun aku juga menyayangi
    karna dengan mereka aku rasakan canda ria

    ReplyDelete
  6. Aku dari kecil sudah dibiasakan dekat dengan saudara-saudara kandungku. Bertengkar memang sering, tapi nggak lama, trus baikan lagi. Saudara kandung itu kan sama kayak orang tua, nggak bisa dipilih, jadi terima aja apa adanya ;)

    ReplyDelete
  7. sodara itu orang pertama yg kita mintain tolong kalo kita lg kepepet sgala macem! jadi kalo kita ga akrab sama sodara, terus ke siapa lagi? tetangga?

    ReplyDelete
  8. saya setuju banget tuh....uang bisa di cari kapan saja, tapi sodara apalagi sodara kandung...duh di mall aja nggak ada yang jual mas...jelas keberadaanya sangat berarti buat saya.

    ReplyDelete
  9. aku ga seneng sama sodara kandungku
    nyebelin
    minta dipithessss...

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah...ame sodare kandung akur2 aje.. :)kaga enak kalo berantem ame sodare sendiri ^^

    ReplyDelete
  11. Walaupun perbuatan saudara kandung kadang2 menyebalkan...tapi itu adalah saudara kita yang paling dekat, oleh karena itu kita harus selalu tetap menyayangi mereka...

    ReplyDelete
  12. Saudara harta yang paling berharga

    ReplyDelete
  13. nmnya bersaudara, yg berantem itu paling sering, tp ga pernah bikin sampe yg ga teguran. Saudara kandung boleh beli dimana ya ??? hehe

    ReplyDelete
  14. saudara itu bagian dari diri kita, jadi bagaimana pun mereka, mereka tetaplah saudara kita yang akan selalu jadi nomer 1 utk kita di setiap kejadian.

    cekcok dikit pasti udah biasa dan wajar tapi ujung2 pasti akan baikan lagi :)

    ReplyDelete
  15. meski kadang berantem,bukan berarti ngga sayang sama sodara. Kata bu e, itu tanda sayang :D

    ReplyDelete
  16. orang2 sekarang emang udah dibutakan ama yg namanya uang. ada2 aja masalah ttg uang di indo.. haha

    ReplyDelete
  17. Mantap, jadi teringat film warior gue.. :D

    ReplyDelete
  18. begitulah manusia kalo sudah dikuasai uang

    ReplyDelete
  19. Ciee cieee.. templatenya baruuuu. Cmiwwww... :D

    Uang memang dibutuhkan, tapi musti ingat juga bahwa uang bukanlah segalanya.

    ReplyDelete
  20. problemnya adalah orang mau jadi sodara justru karena uang, tak ada uang bukan sodara. jadi uang kayaknya lebih penting...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih banyak orang kaya gitu

      Delete
    2. uang lu habis, habis lu...

      Delete
  21. jadi inget pepatah jawa, tuna satak bathi sanak.. artinya meskipun kehilangan uang asalkan dapat saudara itu jauh lebih baik

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah.. sampek sekarang ikatan saudara masih harmonis!!
    Jangan sampek Kita gelap mata hanya kaena Uang deh!!
    Na'udzubillahi min dzalik!!

    ReplyDelete
  23. uang memang bisa membuat orang bahagia tapi tak semua kebahagiaan bisa dibeli dgn uang

    ReplyDelete
  24. aku pernah diceritakan sama dosenku, kalo udah soal duit, keluarga yang udah lama adem ayem bakal konflik... makanya kudu hati2 tiap kali pembagian warisan. karna di situ bakal ada gontok2an. :(

    ReplyDelete
  25. Sepakat ndy...
    oh iyya skr kan lagi happening tuh kasus pembunuhan seorang anak kecil oleh saudara kandungnya sendiri, parahnya hanya karena kaos kaki. mirissss...

    *sorry OOT

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah, senang rasanya kalo bisa berbagi dengan saudara...

    ReplyDelete
  27. Yah, meskipun saudaraku *adiklakilaki* ku sangat nakal, sangat kurang ajar, nggak bakal mau lah Aku jual :))
    Apalagi berniat membunuh, toh Kami berasal dari rahim Ibu yg sama.

    ReplyDelete
  28. begitulah sebaiknya, namun masih ada beberapa yg buta dgn saudara gara2 uang :/

    ReplyDelete
  29. seharusnya memang seperti itu...
    tapi apalah daya tuntutan hedonisme...
    :P
    banyak orang kaya tak bahagia,apalagi orang iskin..??
    :P

    ReplyDelete
  30. ada sekte2 yang hal itu serasa tidak berlaku. misalnya saja dalam perpolitikan. . . . tawa canda senyuman hanya bagi mereka yang beruang

    ReplyDelete
  31. tulisan yang sangat bermanfaat, thanks gan ^^

    ReplyDelete
  32. saya sih memang gak akur sama saudara sendiri tapi gak pernah berantem gara2 uang ^____^

    ReplyDelete
  33. soal saudara, kita gak bisa milih karakter saudara kita kayak apa. Wajar kalo lebih dekat dengan sahabat. soalnya sahabat apalagi satu komunitas bisa sehati, satu pemahaman.

    Islam mengajarkan untuk bertoleransi dengan saudara sedarah walaupun beda karakter. dan cukup tegas, malaikat tidak akan menyampaikan rahmat bagi yang memutuskan hubungan kekeluargaan.

    walau akhirnya ada teman yang sudah seperti keluarga sendiri... aku merasakan banget semua itu...

    ReplyDelete
  34. paling miris kalo denger cerita berantem ma sodara gara2 uang. Itu namanya ga menghargai arti persaudaraan. Tp sayangnya, yg kek gini ini yg justru mlh sering terjd. Smoga kt ga seperti org2 ini.

    ReplyDelete
  35. iyah bener... saudara kita lebih berharga dari apapun termasuk uang

    ReplyDelete
  36. prihatin kalau denger banyak keluarga yang ujungujungnya jadi ngga akur garagara masalah uang, pdhl simplenya kan uang bisa dicari lagi, tapi saudara kandung bisa cari dimana?

    ReplyDelete
  37. kebanyakan kasusnya rebutan warisan sob :)

    ReplyDelete
  38. jadi ingat lagu ini kalo ngebahas uang mas :D

    "penguasa penguasa, berilah hambamu uang"

    ReplyDelete
  39. yg sering kejadian, gara-gara warisan (harta) antar sodara jadi musuh sampai ajal menjemput..Nau'udzubillah ..

    ReplyDelete
  40. seperti salah satu saudara Ayah saya, gara2 uang hingga kini tak pernah menegur sapa hingga ajal merengut. :(

    ReplyDelete
  41. Uang selalu saja punya cara untuk membutakan mata seseorang.. Senjatanya: Ingat Tuhan !

    ReplyDelete
  42. kenapa hidup ini harus menyedihkan ?

    rebut harta lah...
    tua lah...

    sedikit curhat gan, ane jg kepikir, kapan ane harus bisa punya rumah... pokoknya usia sekian, ane harus udah kaya... dll....

    tapi ane keingat, akhir2nya ane mati jg, buat apa ane ngumpul2-in tahu2 akhirnya mati jg...

    wkwkwkwk... emang ironi hidup ini...

    ReplyDelete
  43. harta yang paling berharga adalah keluarga.
    Ketika tidak satupun orang mempercayai dan mendukungmu,ayah ibu dan saudara2mu akan selalu ada untukmu.
    Tapi tak jarang orang lebih mementingkan teman/sahabat daripgda saudara.*saya pernah hehe*
    tapi soal uang jangan donx mpe bunuh membunuh...

    ReplyDelete
  44. waktu jaya d sanjung, waktu jatuh d injak,,
    sodara paling tua bsa d caci sm sodara paling bungsu,,
    miris tp ini lah hidup,,
    brharap ujian ini akan cpt selesai,,
    yg sabar ayah,,^^

    ReplyDelete
  45. Jadi pengen langsung pulang trus meluk ketiga adik saya.
    Sungguh saudara kandung tak kan tergantikan oleh apapun.
    Keluarga tetap menjadi yang nomor satu.

    ReplyDelete

Komentar anda, secara tidak langsung. Merefleksikan kualitas diri anda yang sebenarnya.